Cari Blog Ini

Kamis, 05 Desember 2013

Resensi Novel Promise You


Judul Buku  : Promise You
Penulis          : Amelia
Penerbit       : Teen@Noura (NouraBooks)
Tahun Terbit: 2013
Tebal            : 374 Halaman
ISBN           : 978-602-7816-16-9
Kulihat gadis malaikat itu menoleh kepadaku sambil melambaikan tangan. Tersenyum, menunjukkan deretan gigi seputih susu miliknya. (halaman 4)
Novel ini menceritakan seorang gadis yang selalu ingin bertemu dengan malaikat pelindungnya. Malaikat yang selalu ia mimipikan dan dinanti ternyata ada di depan matanya. Akan tetapi, dia tak menyadari semuannya karena selama ini, dia hanya melihat semua orang dengan mata tanpa harus mnggunakan mata batinnya.
Musim panas merupakan musim yang paling disenangi oleh Kim Hye Rin. Entahlah, apa yang dia sangat sukai dengan musim itu, tetapi yang jelas ia memiliki segudang alasan untuk menyukai musim itu. Hye Rin kembali ke kota kelahirannya di Seoul dua tahun yang lalu, setelah delapan tahun ia harus pindah ke Jakarta karena ayahnya ditugaskan di sana. Terkadang, Hye Rin merasa kesepian karena orangtuanya sibuk bekerja, tetapi untungnya dia memiliki sahabat, yaitu So Hee, Hwang Mi, dan Yong Jun yang bisa membantu mengusir kesepiannya.
Hye Rin terkadang jenuh karena sahabatnya—kecuali Yon Jun—selalu memaksa Hye Rin untuk menjadi ELF. So Hee dan Hwan Mi memang penggemar Super Junior (ELF), tetapi dia selalu menolaknya. Hye Rin memang bukan ELF, tetapi dia juga bukan anti-fan Super Junior.
Hye Rin tak tahu apa apa rencana Tuhan untuk dirinya. Hingga akhirnya, dia dipertemukan oleh seorang laki-laki bernama Joo Won yang mirip dengan salah satu anggota Super Junior. Laki-laki yang menurutnya memiliki kepribadian ganda karena terkadang bisa bersikap manis dan langsung berubah menjadi laki-laki yang sangat dingin dan cuek kepadanya. Namun, memang sejak pertemuannya dengan Joo Won, Hye Rin banyak mengalami perubahan pada dirinya.
Selain bertemu dengan Joo Won, Tuhan juga mempertemukan lagi dirinya dengan Lee Dong Hee.  Lee Dong Hee adalah sahabat kecil Hye Rin, sudah hampir sepuluh tahun mereka tidak bertemu. Sejak dulu, Dong Hee selalu bisa melindungi Hye Rin, hal itu terbukti karena pada malam itu Dong Hee bisa melindunginya dari kejaran para penjahat yang ingin merampoknya. Hye Rin sempat berpikir apakah ini malaikat pelindungnya?
Namun, saat Dong Hee memperkenalkan Yoon Ri sebagai tunanganya kepada Hye Rin dan Joo Won, terlihat jelas kekecewaan di wajah Hye Rin. Yang ternyata Hye Rin menyayangi Dong Hee lebih dari seorang sahabat. Kekecewaan yang dirasakakan oleh Hye Rin ternyata juga dirasakan oleh Joo Won, tetapi sedetik kemudian Joo Won langsung bersikap manis ke Hye Rin yang lagi-lagi membuatnya bingung karena sikapnya yang bisa langsung berubah sedrastis itu.
Hye Rin bisa menerima Yoon Ri sebagai tunangannya Dong Hee bahkan mereka juga semakin dekat. Menurutnya, Yoo Ri dan Dong Hee sangat serasi. Setelah dekat dengannya, Yoo Ri juga merupakan ELF seperti sahabat-sahabat Hye Rin, dia juga merupakan saudara tiri dari Mi Young. Mi Young adalah musuhnya sejak pertama dia tahu kalau Hye Rin bukanlah ELF seperti teman-teman di kampusnya.
Ada banyak hal yang membuat Hye Rin bingung tentang perubahan sikap Joon Won apalagi sejak dia dan Joo Won diperkenalkan dengan Yoo Ri, seperti ada sesuatu hal yang mengganajal dalm hatinya Hye Rin bahkan laki-laki itu terkadang hilang bagaikan ditelan bumi. Hye Rin semakin kesepian, bukan hanya orangtuanya yang sibuk bekerja, Joo Won yang  pergi tanpa memberi kabar, dan sekarang dia harus berbagi sahabatnya dengan Yoo Ri, untuk membahas suatu topik yang tidak menarik baginya. Terkadang Hye Rin ingin mencoba menghubungi Dong Hee, tetapi seketika dia urungkan niatnya karena Hye Rin tak mau merusak hubungan Dong Hee dan Yoo Ri. Di saat Hye Rin merasa kesepian, dia ingin sekali bisa bertemu dangan malaikat pelindungnya. Malaikat yang selalu hadir dalam mimpinya.
Memang sejak sikap Joo Won bersikap manis padanya dan menyatakan cinta padanya, Hye Rin sempat meragukan itu semua. Namun, saat laki-laki itu mencium bibirnya, dia baru menyadari bahwa dirinya juga sudah jatuh cinta padanya. Kejadian itu trus berputar dalam otaknya hingga akhirnya dia memutuskan untuk pergi bersepeda esok harinya,  di sekitar taman Sungai Han untuk menyendiri dan menetralkan pikirnya karena kejadian itu.
Namun, tanpa sengaja, Hye Rin melihat seorang gadis yang sedang memegang pisau lipat dan dia mengenali gadis itu. Betapa terkejutnya, saat dia mengetahui bahwa gadis itu adalah Mi Young dan ternyata Mi Young memang berniat bunuh diri. Awalnya, dia hanya ingin mengambil pisau itu dari tangan Mi Yong, tetapi sayang pisau malah mengenai telapak tangan Hye Rin.
Awalnya, Mi Young menolak menceritakan masalahnya kepada Hye Rin, tetapi dia terus meyakinkan Mi Young kalau dia bisa menjadi pendengar yang baginya. Hye Rin dapat merasakan bahwa saat ini Mi  Young benar-benar merasa sedih, kecewa, dan putus asa yang menjadi satu bahkan gadis itu terlihat sangat rapuh. Hye Rin mencoba menawarkan sebuah persahabatan kepada Mi Young dan dia berjanji akan meminjamkan bahunya ketika Mi Young menangis. Seketika Hye Rin merasakan auranya berubah. Aura malaikat dari sosok Han Mi Young terpancar jelas, membiaskan cahaya gelap sudut pandangnya saat Hye Rin melihatnya dulu. 
Sejak peristiwa percobaan bunuh diri itu, Hye Rin dan Mi Young semakin dekat bahkan Hye Rin merasa lebih nyaman dibandingkan dengan So Hee dan Hwan Mi.  Mi Young kini juga berubah menjadi sosok malaikat. Gadis itu ternyata punya selera humor bagus dan menyenangkan. Hye Rin juga mengaggumi sosoknya yang terlihat dewasa dan tidak kekanakan seperti So Hee dan Hwan Mi. Benar kata pepatah, “Tak kenal, maka tak sayang”. Tiap Kali Han Mi Young tersenyum, Hye Ri selalu merasa ada sesuatu diantara mereka. Entahlah. Mungkin selama dua tahun dia tak pernah melihatnya tersenyum langsung di hadapannya.
Semakin hari sikap Joo Won semakin aneh bahkan Hye Rin merasa ada sesuatu rahasia yang disimpan olehnya. Apalagi Hye Rin menemukan sebotol parfum wanita di apartemennya dan Hye Rin baru menyadari bahwa wangi parfum wanita itu sama dengan parfum milik Yoo Ri yang selama ini Yoo Ri gunakan.
Lantas, apa yang sebenarnya terjadi antara Joo Won dan Yoo Ri? Siapakah malaikat pelindung Hye Rin selama ini? Dan apa yang akan terjadi dengan Yoo Ri setelah semua rahasia itu terbongkar?
Awalnya saya mengira ini hanya sebuah novel yang dengan gampang ditebak pada akhir ceritanya, tetapi ternyata saya salah, penulisnya berhasil membuat saya penasaran dengan alur dan latar ceritanya bahkan saya mencoba menebak-nebak akhir cerita novel ini. Penulis juga menggunakan bahasa-bahasa yang komunikatif sehingga dapat dipahami oleh pembaca. Menurut saya, hanya satu kelemahan pada cerita tersebut, yaitu terlalu banyak tokoh yang ditampilkan sehingga bisa membuat pembaca keliru apabila tidak membacanya dengan serius. Namun, kekurangannya dapat tertutupi karena konflik yang ditimbulkan pun sangat menarik dan  jauh dari dugaan saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar